Baru. Powered by Blogger.

Pembahasan Zat Yang Dibutuhkan Tubuh Kita

Untuk mempertahankan hidup manusia harus makan dan memenuhi asupan gizi. Tubuh manusia membutuhkan zat makanan dalam jumlah yang berbeda. Ada yang dibutuhkan dalam jumlah banyak (makronutrien), yaitu : Karbohidrat, Protein, Lemak, dan Air. Ada pula yang dibutuhkan tidak terlalu banyak (mikronutrien) yaitu vitamin dan mineral. Sekarang mari kita bahas satu per satu zat-zat tersebut :

1. Karbohidrat


Karbohidrat merupakan senyawa organik yang terbentuk dari unsur-unsur C, H, dan O. Karbohidrat dibutuhkan manusia untuk sumber energi dengan menghasilkan 4,1 kalori setiap gramnya, sebagai bahan dasar protein dan lemak, serta untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh.

Anda dapat memperoleh karbohidrat dengan mengkonsumsi jagung, nasi, roti, gandum, dll.

2. Protein

Protein merupakan senyawa organik kompleks yang tersusun dari unsur-unsur C, H, O, N, kadang-kadang mengandung unsur S atau P. Protein terdiri dari berbagai asam amino. Protein dapat diperoleh dari hewan (protein hewani : telur, daging, susu, keju, ikan, dll), dan dapat diperoleh dari tumbuhan (protein nabati : kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, dll).

Protein berfungsi untuk sumber energi tiap gramnya menghasilkan 4,1 gram, pembangun dan pembentuk sel, bahan sintesis substansi penting (seperti hormon, enzim, antibodi, dan organ sel lainnya), protein juga berfungsi untuk mempertahankan kekentalan darah, dan menjaga keseimbangan asam dan basa.

3. Lemak (lipid)


Lemak merupakan senyawa yang tersusun dari unsur C, H, dan O, serta terkadang mengandung unsur P dan N. Lemak yang diperoleh dari hewan disebut lemak hewani (seperti : telur, daging, susu, ikan, mentega, dll), sedangkan yang diperoleh dari tumbuhan disebut lemak nabati (seperti : kacang tanah, kedelai, kelapa, kemiri, dan buah advokat).

Lemak berfungsi sebagai berikut :
1. Sumber energi terbesar yaitu 9,3 kalori tiap gramnya.
2. Pelarut vitamin A, D, E, dan K.
3. Melindungi alat tubuh bagian dalam (sebagai bantalan)
4. Menjaga tubuh dari suhu rendah/dingin.

4. Vitamin


Vitamin adalah zat yang tidak bisa diproduksi tubuh kita. Meski vitamin yang dibutuhkan tubuh kita tergolong sedikit kita tetap harus memenuhinya, sebab fungsi vitamin tidak dapat digantikan dengan zat lain. Vitamin diperlukan untuk pertumbuhan, kekebalan tubuh, dan reproduksi. Vitamin tidak memberikan energi tapi berperan sebagai pengatur (fungsi regulator). Bila tubuh kekurang vitamin dapat menerita Avitaminosis atau defisiensi.

5. Mineral


Mineral berfungsi sebagai bahan pembentuk berbagai jaringan tubuh, misalnya tulang dan gigi (Ca dan P), rambut, kuku, dan kulit (S), sel-sel darah merah (Fe). Muneral juga berfungsi sebagai untuk proses penggumpalan darah, metabolisme tubuh, mengatur keseimbangan keasaman cairan tubuh. Bila kita kekurangan mineral, tubuh dapat menderita penyakit defisiensi.

6. Air


Dalam tubuh manusia mengandung air sekitar 60% - 65% dari berat tubuh. Air sangat penting bagi tubuh sebab air berfungsi sebagai medium berbagai reaksi kimia dalam tubuh, mengangkut nutrisi ke berbagai jaringan, mengangkut sisa metabolisme keluar tubuh, dan sebagai pelarut senyawa-senyawa lainnya. Air dapat diperoleh langsung dengan meminum air atau dari mengkonsumsi buah atau sayuran.
Sekian diedit dari laman buku Biologi SMA/MA Kelas XI Semester Genap.

Ditulis Oleh : Unknown Hari: 12/07/2014 Kategori:

0 komentar:

 
Powered By Blogger

Total Pageviews